Friday, July 14, 2017

Penyebab Laptop/Notebook/Netbook Blank/Black Screen (Layar hitam) saat startup Windows


Pada kesempatan kali ini kami akan share apa sih penyebab layar laptop atau monitor PC kalian menjadi blank atau sering dikenal dalam dunia IT dengan istilah "Black Screen".

Berikut penyebabnya dan penjelasannya :

Secara umum penyebab "Black Screen" adalah terjadi kecacatan / defect pada chipset VGA (GPU) dan kerusakan panel Display (LCD). Nah untuk lebih luasnya lagi penyebab dari Black Screen adalah sebagai berikut :

1. Panel Display rusak
    Untuk memastikan bahwa Panel Display rusak, maka cobalah hubungkan laptop dengan layar external, ubah mode layar melalui keyboard dari mode layar internal ke mode layar external, jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. Kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. Kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya. 

2. Kerusakan pada VGA
      Kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. Kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.


Solusi untuk memperbaiki Black Screen :

1. Untuk kerusakan yang terjadi pada Panel LCD 
   Silahkan bawa laptop anda ke tempat service untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya.

2. Untuk kerusakan pada VGA / kartu grafis anda
    Solusi termurah: chipset di Reflow (di blower dengan hot gun) akan tetapi kerusakan akan timbul lagi dengan mudah hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Reball: mengganti bola-bola pin di bawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki lagi. Bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering (bebas timbal) lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan menggunakan bahan leaded soldering.

Itulah mengapa setelah beberapa waktu banyak VGA dari nVidia menjadi rusak dengan gejala Artifak dan black screen.

Jika chipset sudah mengalami kerusakan parah bisa diganti dengan chipset yang baru, itupun jika chipsetnya tersedia.

Solusi lain adalah dengan mengganti Motherboard, sayangnya solusi ini adalah solusi yang memakan biaya paling mahal yaitu antara 1 sampai 2 juta-an.

Jangan gegabah untuk mengganti motherboard jika persoalan laptop anda hanya “no display”/ blank display/ black screen, karena selain mahal juga masih ada alternatif solusi lain yaitu dengan reball chipset.

Tarif Reball chipset berkisar antara 500 sampai 700an ribu Rupiah, di kota-kota besar di Indonesia sekarang sudah banyak tempat servis laptop/notebook yang melayani jasa reflow dan reball chipset. mereka umumnya mempunyai alat BGA Rework Station, jadi anda tak perlu khawatir jika ternyata laptop anda mengalami persoalan tersebut

PLEASE READ BELOW !!

Kejadian Black Screen ini juga terjadi pada Netbook Asus EePC milik teman saya. Kondisinya bisa dibilang cukup parah. Sebab layar benar benar blank tidak ada kursor ataupun logo startup Windows. Setelah saya tanyakan, penyebab Black Screen pada Netbooknya adalah pada saat dia mengalami masalah pada Netbooknya dan langsung mencabut baterai netbook. Itu sangat tidak diperbolehkan yang sobat Brainword21. Bagi kalian yang belum terlanjur tolong jangan sampai ketika kalian menemukan error pada PC kalian.. Dan kalian langsung mencabut power suplynya (Baterai) Itu akan berakibat cukup fatal. Alangkah baiknya bila kalian tenang dahulu, kemudian cari solusinya di Internet dengan menggunakan Smartphone canggih kalian. Bisa kalian cari solusinya di Blog kami. InShaaAllah kami menyediakan berbagai macam solusi pada masalah yang sering muncul pada laptop. 
Intinya.. Pesan kami adalah bagi kalian yang menemukan masalah pada Laptop atau Komputer kalian jangan langsung cabut dayanya ya.. :) 

Terimakasih telah membaca artikel saya ini.. Semoga dapat membantu anda.. Silahkan share artikel ini dan komentar di bawah, masalah apa saja sih yang pernah kalian temukan pada Laptop / Komputer kalian.. InShaaAllah kami punya jawabannya :) Salam Brainword21..


Sumber : Klik disini


0 comments:

Post a Comment